YARSI PEDULI KORBAN BENCANA TSUNAMI SELAT SUNDA

Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu’alaikum Warrohmatullohi Wabarokatuh

   Seperti yang kita tahu, telah terjadi bencana alam Tsunami pada tanggal 22 Desember 2018 di pesisir pantai Kabupaten Pandeglang (Prov. Banten), Serang (Prov. Banten), dan Lampung Selatan (Prov. Lampung) yang dimungkinkan akibat longsor bawah laut karena pengaruh erupsi Gunung Anak Krakatau. Pada saat bersamaan, terjadi gelombang pasang yang diakibatkan oleh bulan purnama maka terjadilah kombinasi fenomena alam berupa Tsunami dan Gelombang Pasang.

   Sesaat setelah terjadinya bencana alam tersebut, kami mendapat informasi dari beberapa kawan dan kerabat serta sanak saudara yang tinggal di Pandeglang (Banten), sontak membuat hati kami terpukul. Tim cepat tanggap yarsi ( TICTAP) yang diketuai oleh Ust. Gema bersama Ust. Bilal berangkat pada hari minggu pagi (23 Desember 2018) setelah mendapat komando dan arahan dari Ketua YARSI Ust. Egi A.

   Ust. Gema selaku ketua TICTAP Yarsi berangkat bersama Ust. Bilal untuk melihat keadaan serta berkoordinasi dengan korban disana agar penyaluran bantuan dari donatur yang telah di titipkan dan diserahkan kepada Tim YARSI bisa disalurkan tepat sasaran karena menurut pengalaman Ust. Gema sebelum bencana alam ini terjadi, beliau sering mengikuti kegiatan-kegiatan yang bersifat sosial seperti di palu ketika terjadi gempa bumi yang memporakporandakan seisi kabupaten Palu (Sulawesi).

   Menurut Ust. Gema, jika tidak di koordinasi terlebih dahulu maka kita tidak akan tahu yang mana Korban dan yang mana pengungsi karena Tim YARSI mengutamakan Korban terlebih dahulu karena para pengungsi umumnya sudah mempersiapkan semuanya sebelum pergi mengungsi.

   Ketua YARSI Ust. Egi menghimbau kepada Ust. Gema dan Ust. Bilal untuk menemui Pak Yadi dan berkoordinasi dengan beliau mengenai tempat-tempat yang menerima dampak terparah dari bencana alam ini.

   Tercatat korban hingga saat ini total 430 korban meninggal, 1.459 luka-luka dan 159 dinyatakan hilang, data ini berasal dari Pandeglang, Serang, dan Lampung selatan yang di hitung oleh BNPB dan akan terus berubah karena pada hari ini 28 Desember 2018 pencarian masih terus dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat dan ormas serta badan yang berwenang.

Setelah berkoordinasi dengan Pak Yadi, maka diputuskan lokasi pertama akan dilakukan pembagian sembako untuk para korban di daerah Sumur kecamatan Cimanggu. Setelah ditetapkan lokasi dan tempat para korban, maka Tim TICTAP Yarsi gelombang dua yang di pimpin oleh Ust. Akwal bersama Ust. Farhan dan Ust. Sidiq langsung berangkat membawa sembako yang sangat dibutuhkan berupa Air Mineral, Beras, Mie Instan, Pembalut, Popok, Selimut, dan lain-lain.

Berikut foto-foto yang berhasil di dokumentasikan oleh TIM TICTAP Yarsi.

1. Pembagian Sembako untuk beberapa keluarga Korban Bencana Tsunami yang tinggal di Musholla.

2. Tim TICTAP Yarsi merapihkan sisa sembako untuk dibagikan ke esokan harinya.

3. Tim TICTAP Yarsi membagikan Sembako untuk para korban di lokasi yang telah di tentukan

4. Tim Yarsi bergeser membagikan sembako untuk para korban yang tinggal di rumah-rumah warga

5. Tim TICTAP Yarsi memilah dan membagi sembako dalam beberapa bagian untuk dibagikan secara rata kepada para korban

6. Tim TICTAP Yarsi membagikan seluruh sisa sembako

Diatas hanya beberapa foto yang berhasil di dokumentasikan oleh TIM TICTAP Yarsi.

Akhir kata, semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat walafiat serta dilapangkan rejekinya, dimudahkan dan dilancarkan urusannya. Amin yarobbal alamin.

Jazakumullohu khoiron katsir, barokallohu Fiikum.

Wassalamu’alaikum…

Bagi Bapak/Ibu/Sdr/i yg mau BERZAKAT dan berSEDEKAH berapapun, maka bisa kami jemput atau bisa ditransfer ke Rekening:

BRI SYARIAH (kode bank 422) 1037930446
BNI SYARIAH (kode bank 009 atau 427) 674679969
MANDIRI (kode bank 008) 1330016360133

Atas Nama :

YAYASAN RIYADHUS SHALIHIN INDONESIA
_____

Setiap pengiriman Infaq/Zakat/Sedekah & Donasi. harap kirim bukti transfer ke :

Whatsapp : 089621820551 (Ruchiyyat Fadillah, S.S.y., M.Pd.) / 089602090927 (Farhan)

“Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, niscaya Dia akan menggantinya” [Saba’/34 : 39]*

Yuu Simak terus kegiatan YARSI di akun:
FaceBook dan IG:
@riyadhusshalihinindoneisa

Bagikan dengan :
Posted in Tim Cepat Tanggap ( TICTAP ) Yarsi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *