RUMAH QUR’AN ? KENAPA HARUS DI NTT ?

Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu’alaikum Warrohmatulohi Wabarokatuh

Selasa, 01 Januari 2019.

   Kali ini, Admin akan mengulas tentang pembangunan Rumah Qur’an yang menjadi salah satu program penting yang sedang di jalankan oleh Yayasan Riyadhus Shalihin. Proyek pembangunan Rumah Qur’an ini berada di kampung pelosok NTT. Tepat nya di Kp. Bererin Desa Watohari Kec. Solor Timur Kab. Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

   Mungkin sesekali terbesit dalam benak bapak/ibu/saudara/I semua, kenapa kami membangun Rumah Qur’an yang jauh di sana ? kenapa tidak di daerah Jawa Barat ? atau mungkin kenapa tidak di daerah pulau jawa ?

   Mungkin untuk menjawab pertanyaan ini, kami akan kembali bertanya kepada bapak/ibu/saudara/I semua, apakah mereka yang jauh disana bukankah saudara seagama kita ? apakah mereka tidak pantas mengenyam pendidikan agama seperti kita ? apakah mereka tidak pantas menerima ini ?

Disini akan kami jelaskan secara global saja.

Kenapa kami membangun Rumah Qur’an disana ?

   “Disana (Desa Bererin Flores Timur) belum ada satupun Rumah Qur’an yang berdiri baik itu dari pemerintah maupun dari masyarakat tertentu. Kenapa ? karena memang akses menuju kesana masih banyak kendala. Berbeda dengan daerah-daerah di pulau jawa kebanyakan, daerah disana sangatlah tidak subur, air tawar yang kita gunakan dan minum di pulau jawa sangatlah gampang ditemukan. Tapi disana ? 60 Meter kedalaman sumur pun belum tentu kita mendapatkan air tawar. Begitupun harga bahan bangunan yang belum tentu mereka (Masyarakat Desa Bererin) mampu untuk membeli nya, untuk keseharian merekapun hanya sekedar saja dan bahkan ada yang kekurangan (menurut wawancara tim yarsi dengan beberapa warga di Desa Bererin).

Di daerah pulau jawa pun masih banyak tempat seperti itu !

   “Ya, kami tahu bahwa di pulau jawa masih banyak tempat-tempat pelosok yang membutuhkan perhatian lebih yang belum tersentuh perekonomian dan belum tersentuh pemerintah, oleh karena itu kami TIM YARSI akan berusaha kedepannya untuk terus membangun dan membantu saudara-saudara muslim kita, bukan hanya di NTT atau wilayah timur saja, melainkan di setiap pelosok yang ada di Nunsantara. Insyaallah.”

Kenapa mereka tidak berusaha mengumpulkan dan membangun sendiri ?

   “Hal itu sangat gampang untuk kita yang berada di daerah Mayoritas Islam (Daerah yang lebih banyak beragama Islam), tapi untuk mereka yang tinggal di Desa Mayoritas Non Islam dan menjadi Minoritas sangat lah susah untuk mengumpulkan dan membangun sendiri, kenapa ? karena memang jumlah penduduk yang mampu masih bisa dihitung dalam hitungan jari saja, selebihnya hanya orang-orang yang kehidupan sehari-hari nya hanya sekedar saja bahkan banyak yang masih kekurangan.”

Apa tim YARSI yakin, jika pembangunan ini akan berguna dan efektif seperti apa yang diharapkan ?

   “Ya, kami sangat yakin karena antusias warga disana (Desa Bererin Flores Timur) dalam hal mengenyam ilmu agama islam sangatlah besar, mereka sangat bersemangat, namun karena keterbatasan bahkan hanya untuk membeli seperangkat alat solat pun susah bagi mereka, bukan karena mereka tidak memiliki uang tapi karena memang barang seperti Sajadah, Al Qur’an, baju muslim, dll disana sangatlah jarang dijumpai dipasar-pasar. Oleh karena itu, tidak sedikit dari mereka yang mencari ilmu Agama Islam sampai pergi keluar pulau seperti pulau jawa, sumatera,  Aceh, dan wilayah-wilayah lain di Indonesia bertahun-tahun tidak pulang untuk mengenyam Ilmu Agama Islam.”

   Oleh karena itu, YARSI mengajak bapak/ibu/saudara/I untuk ikut membantu saudara muslim kita di setiap pelosok Nusantara agar mereka bisa mengenyam Pendidikan Agama Islam dengan layak dan menjadi amal yang tak pernah berhenti untuk kita walaupun ajal menjemput kita. Allohuakbar !!!!!

Akhir kata, semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat walafiat serta dilapangkan rejekinya, dimudahkan dan dilancarkan urusannya. Amin yarobbal alamin.

Jazakumullohu khoiron katsir, barokallohu Fiikum.

Wassalamu’alaikum…

Bagi Bapak/Ibu/Sdr/i yg mau BERZAKAT dan berSEDEKAH berapapun, maka bisa kami jemput atau bisa ditransfer ke Rekening:

BRI SYARIAH (kode bank 422) 1037930446
BNI SYARIAH (kode bank 009 atau 427) 674679969
MANDIRI (kode bank 008) 1330016360133

Atas Nama :

YAYASAN RIYADHUS SHALIHIN INDONESIA
_____

Setiap pengiriman Infaq/Zakat/Sedekah & Donasi. harap kirim bukti transfer ke :

Whatsapp : 089621820551 (Ruchiyyat Fadillah, S.S.y., M.Pd.) / 089602090927 (Farhan)

“Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, niscaya Dia akan menggantinya” [Saba’/34 : 39]*

Bagikan dengan :
Posted in Rumah Qur'an.

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *