Romadhon Dan Program Keluarga Yang Bermanfaat Atau Berdaya Guna

Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu’alaikum​​ Warrohmatullohi​​ Wabarokatuh

Alhamdulillahi​​ rabbil’aalamiin,​​ wash-sholaatu​​ wassalaamu​​ ‘ala​​ asyrofil anbiyaa​​ i​​ walmursaliin,​​ wa’alaa​​ alihi​​ washohbihii​​ ajma’iin​​ ammaba’adu.

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ. السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Agar Romadhon lebih bermanfaat dan berdaya guna bagi pribadi dan keluarga terutama bagi anak cucu kita, maka ada beberapa hal yang kita lakukan, yaitu :

Pertama, Belajar Al-Qur’an dan Ilmu-ilmu Islam yang lainnya. Hal ini bisa dilakukan dengan cara sang Ayah atau Ibu mengajak anak cucu untuk belajar. Bisa juga dengan mendatangkan ustadz untuk mengajarkan kepada anak cucu. Semoga selama satu bulan ini anak cucu kita bisa lebih mencintai pelajaran Al-Qur’an dan Ilmu-ilmu Islam, aamiin ya Alloh. Anak cucu kita harus lebih mencintai Al-Qur’an dan mengamalkan isi Al-Qur’an. Dengan kegiatan seperti ini diharapkan agar anak cucu semangat menghapal Al-Qur’an dan juga semangat mempelajari Ilmu-ilmu Islam. Kita ajarkan dengan sangat serius kepada anak cucu tentang ayat-ayat Al-Qur’an yang berbicara tentang Puasa Romadhon. Kita jelaskan juga tentang makna Puasa. Di bulan Romadhon ini pun kita dan anak cucu bisa menghapal doa-doa yang diajarkan oleh Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam. Misal, Doa memakai pakaian dan membuka pakaian serta doa apabila berbuka puasa di rumah orang.

Alloh Ta’ala berfirman dalam surat Al-Baqoroh ayat 185 :

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَىٰ وَالْفُرْقَانِ

“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)…”

Kedua, Sholat Tarowih bersama keluarga. Ini bisa berarti bahwa kita ajak keluarga untuk melaksanakan sholat Tarowih di Masjid, atau juga bisa berarti mengajak keluarga melakukan Tarowih di rumah.

Rosululloh ﷺ bersabda yang diriwayatkan oleh Bukhori dan Muslim:

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barangsiapa melakukan qiyam Ramadhan karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” Yang dimaksud qiyam Romadhon adalah sholat Tarowih.

Ketiga, Mengajak keluarga untuk selalu bersedekah.

Ibnu ‘Abbas rodhiyallohu ‘anhuma berkata :

كَانَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – أَجْوَدَ النَّاسِ ، وَأَجْوَدُ مَا يَكُونُ فِى رَمَضَانَ ، حِينَ يَلْقَاهُ جِبْرِيلُ ، وَكَانَ جِبْرِيلُ – عَلَيْهِ السَّلاَمُ – يَلْقَاهُ فِى كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ ، فَيُدَارِسُهُ الْقُرْآنَ فَلَرَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – أَجْوَدُ بِالْخَيْرِ مِنَ الرِّيحِ الْمُرْسَلَةِ

“Nabi Rosululloh ﷺ adalah orang yang paling gemar bersedekah. Semangat beliau dalam bersedekah lebih membara lagi ketika bulan Ramadhan tatkala itu Jibril menemui beliau. Jibril menemui beliau setiap malamnya di bulan Ramadhan. Jibril mengajarkan Al-Qur’an kala itu. Dan Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah yang paling semangat dalam melakukan kebaikan bagai angin yang bertiup.” (HR. Bukhori dan Muslim)

Keempat, Mengajak Keluarga untuk Sahur dan Buka Puasa bersama.

Rosululloh ﷺ bersabda yang diriwayatkan oleh Bukhori dan Muslim :

تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِي السُّحُورِ بَرَكَةً

“Bersahurlah kalian karena dalam sahur ada keberkahan.”

Rosululloh ﷺ bersabda :

لَا يَزَالُ النَّاسُ بِخَيْرٍ مَا عَجَّلُوا الْفِطْرَ

“Manusia senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan waktu berbuka.” (Muttafaqun ‘alaih)

Bagikan dengan :
Posted in ARTIKEL ISLAMI.