Pembagian Al-Qur’an

Yarsi. Solor, Flores – NTT

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Al Qur’an diturunkan untuk dibaca oleh setiap orang muslim direnungkan dan dipahami maknanya, perintahnya, kemudian diamalkan sehingga menjadi hujjah dihadapan Tuhannya dan pemberi syafaat atau pembela baginya pada hari kiamat, Allah swt. telah menjamin bagi siapa yang membaca Al Qur’an dan mengamalkan isi kandungannya tidak akan celaka di akhirat, dengan firmannya :

فَمَنِ اتَّبَعَ هُدَايَ فَلَا يَضِلُّ وَلَا يَشْقَىٰ

Artinya :
“Barang siapa mengikuti petunjuku, ia tidak akan sesat dan tidak akan celaka.”(Surat Tha-Ha 123)

Selanjutnya, beberapa hikmah dan keajaiban ketika kita membaca Al Qur’an yaitu :

  • Al Qur’an dapat membuat hati kita menjadi sejuk. Allah Swt. menurunkan kitabnya yang abadi agar ia dibaca lisan, didengarkan telinga, dipikirkan akal dan agar hati menjadi tenang. Kehidupan punenjadi lebih mantap dan terarah karena Al Qur’an mengajarkan hikmah dan ukhuwah.
  • Al Qur’an obat hati yang paling mujarab, ketika kita stress banyak pikiran, dengan membaca Al Qur’an perlahan air sejuk sirami hati kita yang gundah, aliran darah di otak kita seakan tanpa hambatan bebas mengalir, sehingga pikiran kita menjadi lebih jernih.
  • Al Qur’an sebagai penyehat jasmani. Sebagian besar kita sebagai muslim tidak menyadari terhadap manfaat Al Qur’an  bagi kesehatan tubuh. Ketika mata kita menatap baris-baris ayat Al Qur’an, saat itu pula kinerja retina kita menjadi lebih extra kuat dan tajam. Apalagi jika sangat menghayati ketika membaca Al Qur’an, mata kita menjadi lebih segar dan bersih, tak heran orang yang sering membaca Al Qur’an matanya lebih sehat ketimbang orang yang sering membaca buku.

Allah Swt. berfirman dalam Surah Al Isra ayat 82, yaitu:

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ ۙ

Artinya :
“Kami menurunkan Al Qur’an yang mengandung obat dan rahmat untuk orang-orang yang beriman.”

Sehubungan dengan itu kita sebagai umat muslim yang telah dibekali dengan kitab suci Al Qur’an sebagai pedoman hidup, karena dengan Al Qur’an itulah kita mendapat petunjuk menuju ke jalan yang lurus dan benar jalan yang diridhoi dan jalan yang dapat menghantarkan manusia mencapai kebahagiaan yang hakiki di dunia dan di akhirat.

Tapi bagaimana dengan Saudara/saudari muslim kita yang di pelosok yang tinggal di daerah-daerah yang mayoritas penduduk nya adalah Non Muslim ? tentu mereka sangat susah untuk mendapatkan atau membeli kitab Al-Qur’an karena keterbatasan jarak tempuh maupun dana. Alhasil mereka mengandalkan Al-Qur’an yang sudah digunakan oleh para orang tua mereka bahkan ada juga yang sudah mulai usang maupun sobek dan beberapa halaman hilang.

Oleh karena itu, kami dari Yayasan Riyadhus Shalihin mengadakan program Cetak dan Tebar Al-Qur’an guna membantu saudara-saudari muslim kita yang tinggal di pelosok yang sangat susah untuk menjangkau atau membeli Qur’an baru.

✒Bagi Bapak/Ibu/Sdr/i yg mau BERZAKAT dan berSEDEKAH berapapun, maka bisa kami jemput atau bisa ditransfer ke Rekening:

BRI SYARIAH (kode bank: 422) : 1037-93-0446
BNI SYARIAH (kode bank: 009 atau 427) : 674-679-969
Atas nama : YAYASAN RIYADHUS SHALIHIN INDONESIA
_____
WA/TELP/SMS:
081298894440
082114962139
085234410024

Berikut foto-foto pembagian Al-Qur’an yang dilakukan Yayasan Riyadhus Shalihin di Pulau Flores (NTT).

Bagikan dengan :
Posted in Foto Kegiatan, Penyebaran Al Qur'an.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *