LAILATUL QODR

Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu’alaikum​​ Warrohmatullohi​​ Wabarokatuh

Alhamdulillahi​​ rabbil’aalamiin,​​ wash-sholaatu​​ wassalaamu​​ ‘ala​​ asyrofil anbiyaa​​ i​​ walmursaliin,​​ wa’alaa​​ alihi​​ washohbihii​​ ajma’iin​​ ammaba’adu.

Keutamaan Lailatul Qodr

Alloh Ta’ala berfirman :

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ . وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ . لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ . تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ . سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ .

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada Lailatul-Qodr (malam qodr). Dan tahukah kamu apakah Lailatu-Qodr itu? Lailatul-Qodr itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada Malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Robb mereka untuk mengatur semua urusan. Sejahteralah (malam itu) sampai terbil Fajar.” (QS. Al-Qodr [97]: 1-5)

Surat yang mulia ini mengandung beberapa keutamaan malam ini. Di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Alloh Ta’ala menurunkan Al-Qur’an pada malam ini, sebagaimana firman Alloh Ta’ala :

إِنَّا أَنزلْنَاهُ فِي لَيْلَةٍ مُبَارَكَةٍ إِنَّا كُنَّا مُنْذِرِينَ

“Sesungguhnya Kami menurunkannya pada malam yang diberkahi. Sungguh Kamilah yang memberi peringatan.” (QS. Ad-Dukhon [44]: 3)

2. Alloh Ta’ala menyebutkan keagungan Lailatul-Qodr. Alloh Ta’ala berfirman :

وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ

“Dan tahukah kamu apakah Lailatul-Qodr (malam kemuliaan).” (QS. Al-Qodr [97]: 2)

3. Ibadah pada malam itu lebih baik daripada ibadah seribu bulan yabgtidak terdapat Lailatul-Qodr di dalamnya.

4. Pada malam ini para malaikat turun.
Ada yang berpendapat, para malaikat turun dengan membawa rahmat, keberkahan dan ketenangan. Ada juga berpendapat, para malaikat itu turun membawa segala ketetapan Alloh untuk waktu satu tahun, seperti yang Alloh Ta’ala firmankan :

فِيهَا يُفْرَقُ كُلُّ أَمْرٍ حَكِيمٍ . أَمْرًا مِنْ عِنْدِنَا إِنَّا كُنَّا مُرْسِلِينَ.

“Pada (malam itu) dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah, (yaitu) urusan dari sisi kami. Sungguh, Kamilah yang mengutus rosul-rosul.” (QS. Ad-Dukhon [44]: 4-5)

5. Rasa aman dan damai akan turun pada malam ini kepada orang-orang yang beriman, dan salam dari malaikat terus-menerus diberikan kepada mereka

6. Diriwayatkan dari Abu Hurairoh rodhiyallohu ‘anhu, dari Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda:

من صام رمضان إيمانا واحتسابا غُفِرَ له ما تقدَّم من ذنبه، ومن قام ليلةَ القَدْرِ إيمانا واحتسابا غُفِرَ له ما تقدم من ذنبه.

“Barangsiapa yang berpuasa Romadhon karena keimanan dan penuh pengharapan (pahala dari Alloh), maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah berlalu, dan barangsiapa yang sholat malam pada saat Lailatul-Qodr karena keamanan dan penuh pengharapan (pahala dari Alloh), maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah berlalu.” (HR. Al-Bukhori dan Muslim)

Sumber : BUKU SHAHIH FIKIH SUNNAH

Di tulis kembali oleh : Yayasan Riyadhus Shalihin Indonesia (YARSI)

Penulis : Jum’at Ridwan

Untuk informasi seputar Dakwah, bisa bergabung di channel telegram https://t.me/majlisriyadhusshalihin / WA atau Tlp di nomor : 081282823433 (Jum’at Ridwan)

Bagikan dengan :
Posted in ARTIKEL ISLAMI.