Yayasan Riydahus Shalihin Indonesia

Do’a Untuk Lembata

Bismillahirrahmanirrahim
Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
 
Turut berduka cita atas musibah meletusnya Gunung Ile Ape – Nusa Tenggara Timur. Semoga Alla Subhanahu wa Ta’ala memberikan kesabaran dan ketabahan.
 

Gunung Ile Ape di pulau Lembata provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mengalami erupsi pada Minggu (29/11/2020) pagi. Erupsi Gunung Ile Ape ini sebenarnya telah berlangsung sejak Kamis (26/11/2020), namun terjadi peningkatan aktivitas pada Minggu pagi.

Tinggi kolom abu yang menyembur akibat erupsi mencapai sekitar 4000 meter di atas puncak (atau sekitar 5423 meter di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah timur dan barat. Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 35 mm dan durasi 600 detik. Erupsi Gunung Ile Ape ini mengeluarkan abu vulkanik disertai kerikil dan batu-batuan. Warga dua kecamatan di bawah kaki gunung Ile Lewotolok diungsikan ke Lewoleba, pusat kabupaten.
 
Menyusul terjadinya erupsi dan adanya perkembangan gejala vulkanologi, maka Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status aktivitas vulkanik Gunung Ile Ape dari Level II atau ‘Waspada’ menjadi Level III atau ‘Siaga.’ Peningkatan status ini ditetapkan pada Minggu (29/11/2020). (PVMBG) memberi rekomendasi kepada masyarakat di sekitar gunung maupun pengunjung, pendaki atau wisatawan agar tidak melakukan aktivitas di dalam radius 4 kilomater dari kawah puncak.
 
Untuk mengurangi dampak kesehatan dari sebaran abu vulkanik yang ditimbulkan dari aktivitas erupsi, maka diimbau kepada masyarakat agar menggunakan masker maupun perlengkapan lain untuk melindungi mata dan kulit. Kemudian bagi seluruh pihak agar menjaga kondusivitas suasana di Pulau Lembata dengan tidak menyebarkan narasi bohong (hoaks) dan tidak terpancing isu-isu tentang erupsi Gunung Ile Ape yang tidak jelas sumbernya. Seluruh masyarakat diharapkan dapat memantau perkembangan status maupun rekomendasi dari pihak-pihak berwajib dan instansi terkait.

Mari bersama-sama kita do’akan semoga warga yang terkena dampak erupsi Gunung Ile Ape ini selalu diberi kesabaran dan ketabahan, serta selalu dalam lindungan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Aamiin.


Bagi Bapak/Ibu/Sdr/i yang ingin bersedekah atau berdonasi berapapun untuk korban bencana erupsi Gunung Ile Ape di pulau Lembata – Nusa Tenggara Timur (NTT), maka bisa kami jemput atau bisa di transfer ke rekening :

BRI SYARIAH (kode bank 422) 1037930446
BNI SYARIAH (kode bank 009 atau 427) 674679969
MANDIRI (kode bank 008) 1330016360133

Atas Nama :

YAYASAN RIYADHUS SHALIHIN INDONESIA

_____

Setiap pengiriman Infaq/Zakat/Sedekah & Donasi, harap kirim bukti transfer ke :

Whatsapp : 089621820551 (Fundraiser 1) / 082114962139 (Fundraiser 2)

Bagikan dengan :