Yayasan Riydahus Shalihin Indonesia

BERKAH HUJAN DI PAGI HARI

Sabtu, 01 Desember 2018

Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu’alaikum Warrohmatullohi Wabarokatuh

   Sudah menjadi kebiasaan hampir seluruh umat manusia di dunia, bahwa waktu di pagi hari adalah awal dari aktifitas sehari-hari. Yang berangkat kerja, rekreasi, maupun melakukan kegiatan lainnya. Semua terasa normal dan berjalan lancar jika cuaca cerah atau hanya mendung saja. Tapi bagaimana jika tiba – tiba turun hujan ? mungkin untuk sebagian orang yang berangkat menggunakan kendaraan Roda 4 atau lebih, itu bukan lah suatu masalah yang besar. Namun bagaimana jika untuk orang – orang yang berangkat menggunakan kendaraan roda 2 ataupun yang tidak memiliki kendaraan ?

Terkadang hujan di pagi hari selalu mendapat cibiran, kutukan, atau apapun yang menggambarkan kekecewaan atau kekesalan terhadap hujan karena urusan mereka terhambat karena hujan.

Tapi tahukah kalian ? bahwa hujan adalah berkah dari Allah yang diturunkan untuk seluruh makhluk yang hidup di muka bumi ini. Mari kita simak penggalan ayat Al-Qur’an dibawah ini :

 وَهُوَ الَّذِي أَرْسَلَ الرِّيَاحَ بُشْرًا بَيْنَ يَدَيْ رَحْمَتِهِ وَأَنْزَلْنَا مِنَ السَّمَاءِ مَاءً طَهُورًا * لِنُحْيِيَ بِهِ بَلْدَةً مَيْتًا وَنُسْقِيَهُ مِمَّا خَلَقْنَا أَنْعَامًا وَأَنَاسِيَّ كَثِيرًا * وَلَقَدْ صَرَّفْنَاهُ بَيْنَهُمْ لِيَذَّكَّرُوا فَأَبَى أَكْثَرُ النَّاسِ إِلا كُفُورًا

Artinya :

“Dialah yang meniupkan angin (sebagai) pembawa kabar gembira dekat sebelum kedatangan rahmat-nya (hujan); dan Kami turunkan dari langit air yang amat bersih, agar Kami menghidupkan dengan air itu negeri (tanah) yang mati, dan agar Kami memberi minum dengan air itu sebagian besar dari makhluk Kami, binatang-binatang ternak dan manusia yang banyak. Dan sesungguhnya Kami telah mempergilirkan hujan itu di antara manusia supaya mereka mengambil pelajaran (daripadanya); maka kebanyakan manusia itu tidak mau kecuali mengingkari (nikmat)” [QS. Al-Furqaan : 48-50].

Masih maukah kalian mengeluh, mencela, mencibir, bahkan mengutuk hujan hanya karena kalian kecewa atau kesal ?

Mari kita simak lagi satu hadits dibawah ini :

Doa tidak tertolak pada 2 waktu, yaitu ketika adzan berkumandang dan ketika hujan turun

(HR Al Hakim, 2534, dishahihkan Al Albani di Shahih Al Jami’, 3078)

Ada 2 waktu berdo’a yang tidak tertolak, yaitu ketika adzan berkumandang dan ketika hujan turun. Adalah salah satu keutamaan ketika hujan, maka janganlah bercemooh, bergumam, dan sebagainya ketika hujan turun di pagi hari, kenapa kita tidak berdo’a untuk mengawali aktifitas kita ? apalagi berdo’a ketika hujan pagi saat kita mau menjalankan aktifitas.

Islam sungguh lah indah, banyak sekali keutamaan yang tidak kita sadari.

Wassalamu’alaikum Warrohmatullohi Wabarokatuh

Bagi Bapak/Ibu/Sdr/i yg mau BERZAKAT dan berSEDEKAH berapapun, maka bisa kami jemput atau bisa ditransfer ke Rekening:

BRI SYARIAH (kode bank 422) 1037930446
BNI SYARIAH (kode bank 009 atau 427) 674679969
MANDIRI (kode bank 008) 1330016360133

Atas Nama :

YAYASAN RIYADHUS SHALIHIN INDONESIA
_____

Setiap pengiriman Infaq/Zakat/Sedekah & Donasi. harap kirim bukti transfer ke :

Whatsapp :

0822 4606 2215 ( Ummu Rafka )
0813 1505 3728 ( Abu Rafka )

“Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, niscaya Dia akan menggantinya” [Saba’/34 : 39]*

Yuu Simak terus kegiatan YARSI di akun:
FaceBook dan IG:
@riyadhusshalihinindoneisa

Bagikan dengan :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *